FORM SATUAN ACARA PENYULUHAN
Topik :
...............................................................................................
Sasaran :
...............................................................................................
Hari / tanggal :
...............................................................................................
Waktu :
...........................................................................................................
Tempat :
.......................................................................................
A. ANALISA SITUASI
1.
Peserta
Jumlah peserta ....... orang, pendidikan ......., umur
rata-rata ----------- tahun, peserta telah memiliki pengetahuan tentang :
a.
.............................................................................................................................................
b.
.............................................................................................................................................
c. ( Uraikan jika peserta telah memiliki
pengetahuan tertentu yang relevan dengan materi yang akan disuluh).
2.
Kelas/ Ruangan
a.
Ukuran ruang/ kelas
............................................................................................................
b.
Keadaan penerangan dan ventilasi
....................................................................................
c.
Prasarana yang tersedia
....................................................................................
3.
Pengajar
Fasilitator
adalah …………………………………………………………………………………………
B. TUJUAN
1. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM
Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan tentang ………………. peserta
diharapkan mampu : ………………………………………………………………………………………………………………………
1. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
Setelah mengikuti pendidikan kesehatan diharapkan peserta dapat:
a. Menyebutkan ………………………………….
b. Menjelaskan,
...............................................dst
C. MATERI
1. .........................
2. dst
D. METODE
1. .....
2. .....
dst
F. MEDIA
1.
.....
2.
dst
G. ALAT BANTU
1. .....
2. dst
H. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
|
TAHAP/WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
|
|
Fasilitator
|
Peserta
|
|
Pembukaan
.............. menit
Penyajian (pengembangan)
................ menit
Penutup ........... menit
|
· Memberi salam
· Memperkenalkan diri
· Menjelaskan judul materi dan
tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik.
· Memberikan pre test jenis
obyektif untuk tiap peserta didik (jika diperlukan)
· Curah pendapat tentang
pengertian.........
·
Dst
· Merangkum materi yang telah
diberikan.
·
Post test: bila
diperlukan.
·
Menutup dengan salam.
|
·
Menjawab salam.
·
Memperhatikan.
·
Memperhatikan dan
mencatat.
·
Menjawab dengan
mengerjakan pada jawaban yang telah disediakan.
·
Satu atau dua orang
menjawab
·
Mengajukan
pertanyaan.
·
Memperhatikan dan
mencatat.
·
Mengerjakan dan
menjawab soal pada lembar jawaban yang telah disediakan.
·
Menjawab salam.
|
I. EVALUASI
a. Standar Evaluasi
1) Peserta dapat
menyebutkan ………………………
2) Peserta dapat
menjelaskan ………………………
3) dst ……………………………………………………..
b. Pertanyaan
Evaluasi
1) Sebutkan
………………..........................................
2) Jelaskan
………………….......................................
3) dst
..........................................................................
J. SUMBER KEPUSTAKAAN
K. Lampiran materi ( Jelaskan rangkaian seluruh materi yang akan diberikan )
......................,
.................... ,
..............
Mahasiswa
Program Pembelajaran Tahap Profesi
Pembimbing Lahan, Keperawatan
Komunitas
( ------------------------------------------
) (
..................................................... )
NIP. NPM.





0 comments:
Post a Comment