Saturday, 31 October 2015

FORM SATUAN ACARA PENYULUHAN



FORM SATUAN ACARA PENYULUHAN
Topik                                      : ...............................................................................................
Sasaran                                 : ...............................................................................................
Hari / tanggal                        : ...............................................................................................
Waktu                                    : ...........................................................................................................
Tempat                                  : .......................................................................................
 

A.   ANALISA SITUASI

1.        Peserta
Jumlah peserta ....... orang, pendidikan ......., umur rata-rata ----------- tahun, peserta telah memiliki pengetahuan tentang :
a.        .............................................................................................................................................
b.        .............................................................................................................................................
c.   ( Uraikan jika peserta telah memiliki pengetahuan tertentu yang relevan dengan materi yang akan disuluh).

2.        Kelas/ Ruangan
a.        Ukuran ruang/ kelas ............................................................................................................
b.        Keadaan penerangan dan ventilasi ....................................................................................
c.        Prasarana yang tersedia ....................................................................................

3.        Pengajar
Fasilitator adalah …………………………………………………………………………………………

 

B.   TUJUAN

1.  TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan tentang ………………. peserta diharapkan mampu : ………………………………………………………………………………………………………………………

1.      TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS

   Setelah mengikuti pendidikan kesehatan diharapkan peserta dapat:
a.     Menyebutkan ………………………………….
b.     Menjelaskan, ...............................................dst

C.  MATERI

1.  .........................
2.  dst

D.    METODE

1.  .....
2.  .....  dst

F.       MEDIA

1.       .....
2.       dst

G.      ALAT BANTU

1. .....
2. dst

H.   KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

TAHAP/WAKTU
KEGIATAN

Fasilitator
Peserta
Pembukaan
.............. menit




Penyajian (pengembangan)
................ menit

Penutup ........... menit
·   Memberi salam
·   Memperkenalkan diri
·   Menjelaskan judul materi dan tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik.
·   Memberikan pre test jenis obyektif untuk tiap peserta didik (jika diperlukan)
·   Curah pendapat tentang pengertian.........
·   Dst

·   Merangkum materi yang telah diberikan.
·   Post test: bila diperlukan.
·   Menutup dengan salam.
·   Menjawab salam.
·   Memperhatikan.
·   Memperhatikan dan mencatat.


·   Menjawab dengan mengerjakan pada jawaban yang telah disediakan.
·   Satu atau dua orang menjawab


·   Mengajukan pertanyaan.
·   Memperhatikan dan mencatat.
·   Mengerjakan dan menjawab soal pada lembar jawaban yang telah disediakan.
·   Menjawab salam.

 

I. EVALUASI

a.   Standar Evaluasi
1) Peserta dapat menyebutkan  ………………………
2) Peserta dapat menjelaskan   ………………………
3) dst ……………………………………………………..

b.   Pertanyaan Evaluasi
1) Sebutkan ………………..........................................
2) Jelaskan ………………….......................................
3) dst ..........................................................................

J. SUMBER KEPUSTAKAAN

K. Lampiran materi   ( Jelaskan rangkaian seluruh materi yang akan diberikan )

                                  ......................,  .................... ,  ..............
          Mahasiswa Program Pembelajaran Tahap Profesi
Pembimbing Lahan,                                                           Keperawatan Komunitas



(  ------------------------------------------ )                                                     (  .....................................................  )
NIP.                                                                                        NPM. 

0 comments: