SATUAN ACARA PENYULUHAN KESEHATAN
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Diare
|
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
Cara Pembuatan
Larutan Gula Garam
|
|
Sasaran
|
:
|
Keluarga Tn. A
dengan salah satu anggota keluarga menderita diare
|
|
Hari/ Tanggal
|
:
|
Jumat, 16
Januari 2015
|
|
Waktu
|
:
|
25menit
|
|
Tempat
|
:
|
Keluarga T. A
|
I. ANALISA
SITUASI
A. Peserta
Peserta yang
akan diberikan pendidikan kesehatan adalah keluarga Tn. A, dengan jumlah
anggota keluarga 3 orang, masing-masing terdiri dari : Tn. A (30 Tahun), Ny. W (27 tahun) dan An. F
(4 tahun) yang menderita diare. Tn. A sebagai kepala keluarga dengan latar
belakang pendidikan SMA dan Ny. W dengan latar belakang pendidikan SMP, serta
An. F belum sekolah.
B. Ruangan
Pendidikan kesehatan akan dilakukan
di rumah Tn. H di ruang tamu dengan kondisi ruangan terang, cukup luas bersih
dan nyaman.
C. Pengajar
Pendidikan kesehatan diare ini akan
diberikan oleh mahasiswa/mahasiswi STIKES Mataram semester VII kelas U
II.
TUJUAN ISTRUKSIONAL
UMUM
Setelah dilakukan pendidikan kesehatan tentang
cara pembuatan Larutan Gula Garam (LGG) selama 30 menit diharapkan keluarga
Tn.A, mampu membuat LGG dengan benar.
III.
TUJUAN INSTRUKSIONAL
KHUSUS
Setelah mengikuti kegiatan tentang penyuluhan
kesehatan diharapkan keluarga dapat :
A. Menyebutkan
pengertian LGG
B. Menyebutkan
manfaat
C. Menyebutkan
Tujuan pemberian LGG
D. Menyebutkan
alat dan bahan
E. Menyebutkan
langkah-langkah pembuatan LGG
F. Mempraktekkan
cara membuat LGG
IV.
MATERI
A.
Pengertian LGG
B.
Manfaat LGG
C.
Tujuan pemberian LGG
D.
Alat dan bahan
E.
Langkah-langkah
pembuatan LGG
F.
Cara membuat LGG (Terlampir).
V.
METODE
A. Ceramah
B. Tanya
jawab
C. Demonstrasi
VI.
MEDIA dan ALAT BANTU
PENDIDIKAN KESEHATAN
A. MEDIA
1.
Leaflet
2.
Lembar balik
B.
ALAT BANTU PENDIDIKAN
KESEHATAN
1.
GELAS
2.
SENDOK
3.
GARAM
4.
AIR
5.
GULA DALAM TEMPATNYA
6.
TISUSE
7.
PERLAK
VII. KEGIATAN
PENDIDIKAN KESEHATAN
|
No.
|
Waku
|
Pelaksanaan
Kegiatan
|
Respon
Keluarga
|
|
1
|
Pembukaan
5 menit
|
·
Mengucapkan salam
·
Memperkenalkan diri
dan anggota
·
Apersepsi
·
Menjelaskan tujuan
dari penyuluhan
·
Kontrak waktu
|
Menjawab salam
Mendengarkan
Mendengarkan
Mendengarkan
Mendengarkan
|
|
2
|
Pengembangan
21 menit
|
·
Menjelaskan
pengertian diare
·
Menjelaskan penyebab
diare
·
Menjelaskan tanda dan
gejala diare
·
Menjelaskan cara
pencegahan diare
·
Menjelaskan cara
perawatan diare di rumah
|
Mendengarkan & mencatat
Mendengarkan
Mendengarkan
Mendengarkan
Mendengarkan
|
|
|
|
·
Menanyakan kepada Keluarga
tentang materi yang telah diberikan dan reinforcement kepada Keluarga yang
menjawab
·
Menyimpulkan materi
|
Menjawab pertanyaan
Mendengarkan
|
|
4
|
Penutup
4 menit
|
·
Mengucapkan
terimakasih atas peran serta Keluarga
·
Mengucapkan salam
penutup
|
Mendengarkan
Menjawab salam
|
VIII. KRITERIA
EVALUASI
A. Indikator/
Standar
Keluarga dapat :
1.
Menyebutkan pengertian
LGG
2.
Menyebutkan manfaat LGG
3.
Menyebutkan Tujuan
pemberian LGG
4.
Menyebutkan alat dan
bahan
5.
Menyebutkan
langkah-langkah pembuatan LGG
6.
Mempraktekkan cara
membuat LGG
B. Proses
1. Keluarga
Tn. H antusias terhadap materi pendidikan kesehatan yang diberikan
2. Tidak
ada anggota keluarga yang meninggalkan tempat pendidikan kesehatan di tengah
penyampaian materi
3. Keluarga mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan
secara benar
C. Pertanyaan
Evaluasi
1. Sebutkan
pengertian LGG
2. Sebutkan
manfaat LGG
3. Sebutkan
Tujuan pemberian LGG
4. Ssebutkan
alat dan bahan
5. Sebutkan
langkah-langkah pembuatan LGG
6. Demonstrasikan cara membuat LGG
IX.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Kesehatan RI kerjasama dengan WHO
dan UNICEF, Buku Bagan Manajemen
Terpadu Balita Sakit (MTBS) Indonesia., Jakarta, 1998.
Markum, A.H., Buku Ajar Ilmu Kesehatan Anak
Jilid 1, Balai Penerbit FKUI, Jakarta, 1991
Sacharin, Rosa M., Prinsip Keperawatan Pediatrik Edisi 2, EGC, Jakarta, 1994
Lampiran
Materi Penyuluhan
Diare
A. Pengertian
diare
Diare atau lebih sering disebut dengan mencret adalah buang air
besar encer, berlendir atau berdarah yang lebih dari 3 x sehari.
Penyakit ini
berbahaya apabila di biarkan, karena penderita akan kekurangan cairan dan garam yang bisa
menyebabkan kematian.
B. Penyebab
diare
Diare disebabkan oleh masuknya kuman kedalam tubuh melaui perantara
hewan, kuman yang berada dalam makanan, air, melalui tubuh (tidak mencucui
tangan waktu makan) Penyebab lainnya dalah :
1. Faktor makanan : Makanan
basi, beracun, makanan pedas, dll
2. Faktor Psikologis : Rasa takut, cemas.
C. Tanda
dan gejala diare
1. Feses
encer, berlendir atau berdarah
2. BAB
Lebih dri 3x sehari
3. Warna
feses kehijauan akibat bercampur dengan empedu
4. Anus
lecet
5. Terdapat
tanda dan gejala dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) yaitu penurunan bera badan
D. Cara
pencegahan diare
Untuk
mencegah penyakit diare, anak perlu mendapat ASI
dan imunisasi campak. Sedangkan untuk semua jenis usia perlu melaksanakan kebiasaan hidup bersih.
Kebiasaan hidup bersih yang dilakukan antara lain :
1.
Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah
makan serta sesudah buang air besar.
2.
Minum air yang dimasak sampai mendidih
3.
Makan makanan yang bersih dan tidak dihinggapin
lalat.
4.
Buang air besar di jamban.
5.
Menjaga lingkungan agar tidak kotor oleh sampah.
E. Cara
penanganan diare
1. Berikan ASI bila anak masih menetek, semakin sering
semakin baik.
2. Berikan air minum labih banyak
dari biasanya.
3. Beri makanan yang lunak
agar mudah masuk.
4. Beri minum segelas larutan oralit setiap kali penderita
mencret yang dibuat
dengan cara sebagai berikiut : 1 gelas atau 200 cc air
masak dicampur dengan satu bungkus oralit, kemudian diaduk sampai benar-benar
larut.
5. Apabila tidak ada oralit,
berikan larutan gula garam yang terdiri dari 1 gelas atau 200 cc air masak ditambah dengan 1 sendok teh penuh gula pasir dan ¼ sendok teh garam halus kemudian
diaduk sampai benar-benar larut.
6. Bawa
kepelayanan kesehatan bila keadaan anak semakin memburuk.





0 comments:
Post a Comment