Saturday 12 December 2015

14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah



14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah

Apa saja yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah? Simak paparan selengkapnya bersama dr. Jessica Florencia disini.
Dalam hidupnya, 8 dari 10 orang pasti pernah mengalami nyeri punggung bawah. Nyeri tersebut dapat bervariasi mulai dari nyeri ringan, nyeri tumpul, nyeri yang persisten, nyeri berat dan nyeri yang mengganggu aktivitas. (Baca: Kebiaasaan-kebiasaan Salah Penyebab Nyeri Pinggang
Nyeri punggung bawah dapat membatasi mobilitas dan mengganggu fungsi tubuh sehari-hari. Karena keluhan ini merupakan keluhan yang paling sering terjadi, maka sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan keluhan ini.
Apa saja yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah?
  1. Aktivitas berlebihan yang menyebabkan ketegangan pada bagian punggung bawah atau aktivitas dengan posisi yang tidak tepat (misalnya: mengangkat benda berat secara tiba-tiba atau berulang, pajanan getaran pada daerah punggung untuk waktu yang cukup lama).
  2. Trauma, kecelakaan atau patah tulang.
  3. Gangguan pada tulang belakang (sebagai contoh: peregangan otot dan ligamen di sekitar tulang belakang yang terlalu berlebihan atau efek penuaan).
  4. Infeksi.
  5. Adanya pertumbuhan massa yang abnormal, sepeti tumor.
  6. Obesitas (biasanya pada orang dengan berat badan berlebih dapat terjadi tekanan berlebihan pada tulang belakang).
  7. Tonus otot yang kurang baik pada bagian punggung.
  8. Tegangan atau spasme otot.
  9. Terkilir atau terpelintir.
  10. Robekan otot atau ligamen.
  11. Masalah pada persendian tulang belakang.
  12. Merokok.
  13. Hernia nukleosus pulposus (HNP).
  14. Penyakit lainnya seperti osteoarthritis, spondilitis, atau fraktur kompresi.
Untuk itu, agar dapat mengetahui penyebab-penyebab dari keluhan nyeri punggung bawah, perlu dilakukan wawancara medis yang menyeluruh terkait dengan jenis nyeri, durasi dan juga keparahannya. (Baca: Sel Punca untuk Cedera Saraf Tulang Belakang)
Selain itu juga perlu didukung dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang sesuai. Maka, jangan ragu untuk mengunjungi dokter jika keluhan nyeri punggung bawah Anda sudah tidak dapat diatasi dengan penanganan biasa dan semakin mengganggu aktivitas Anda.

Sumber: Klikdokter.com

0 comments: